Yuk Berani Percaya Diri dengan Meningkatkan Self-esteem!

0
105

Nggak ah, kamu aja! Aku nggak percaya diri soalnya.”

Hmm nggak dulu deh, aku masih takut salah nih.”

Eeemm aku belum yakin sama diriku sendiri bisa nggak ya melakukan itu.”

Aku paling nggak bisa deh kalau bicara di depan banyak orang, ngerasa kalau aku masih banyak kurangnya dan pasti gugup nih.”

Hayooo, siapa nih yang pernah merasakan hal-hal di atas? Iya sih udah banyak yang kamu siapkan, tetapi ketika eksekusinya mental #KawanManu menjadi ciut. Kamu merasa ragu dengan diri sendiri sehingga membuat kepercayaan diri menjadi semakin rendah. Tetapi kan, nggak setiap orang punya kepercayaan diri yang sama ya? Yap, benar banget kok kalau setiap orang punya tingkat kepercayaan diri masing-masing. Tidak semua orang juga memiliki keberanian untuk bisa berhadapan langsung dengan banyak orang di depan umum. Masih banyak orang yang merasa ragu untuk melakukan hal itu. Tetapi, #KawanManu tahu nggak sih kalau kepercayaan diri itu bisa muncul ketika kita bisa memahami harga diri kita, lho?

Baca juga: Sudahkah Kamu Mencintai Diri dengan Tulus?

Harga diri atau self-esteem merupakan sebuah bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Maka, hal ini dapat berfungsi sebagai dasar motivasi untuk meningkatkan sikap positif dan persepsi pada diri kita bahwa diri kita itu berharga. Dengan kata lain, self-esteem atau harga diri ini merupakan bentuk dari evaluasi positif seseorang terhadap dirinya yang berpengaruh pada bagaimana kita akan bertindak. Selain itu harga diri juga secara positif memprediksi kepercayaan diri juga lho, kawan! Dalam sebuah penelitian menyatakan kalau kita mempunyai self esteem yang baik, maka akan memiliki kecenderungan untuk lebih aktif dan meningkatkan kepercayaan diri.

Tapi, tenang saja #KawanManu! Kamu masih bisa dan belum terlambat kok untuk bisa memiliki kepercayaan diri dengan meningkatkan self-esteem dalam diri kamu. Yuk coba simak tips meningkatkan self-esteem di bawah ini ya!

1. Yuk mulai self-awareness (kenali diri sendiri)

Mengenali diri sendiri adalah kemampuan yang penting untuk setiap individu. Kamu jadi tahu apa saja kemampuan yang kamu bisa, lalu bagaimana untuk mengembangkannya, dan menentukan sejauh mana kamu bisa mencapainya. 

Baca juga: Self Compassion: Menjadi Teman untuk Diri Sendiri

2. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Membandingkan diri dengan orang lain akan membuat kamu merasa terus berkompetisi dengan orang lain. Kamu jadi merasa dirimu kurang berharga dengan membandingkan orang lain. #KawanManu perlu berusaha untuk mengembangkan semua kemampuan dalam diri kamu. So stop comparing yourself to others!

3. Stop negative self-talk

Jangan biarkan pikiran negatif menguasai dirimu. Jangan biarkan hal itu menjadi kenyataan. Kamu hanya perlu untuk melawan pikiran itu dan berusaha untuk menjadi versi terbaikmu.

4. Ubah pola pikirmu untuk tingkatkan percaya diri

Yuk, ubah pola pikir mengenai kekurangan kamu menjadi suatu hal yang bisa kamu perbarui. Jika kamu mampu menguasai dan mengelola pikiranmu, hal ini bisa meningkatkan rasa percaya dirimu. Salah satu cara untuk mengelola pikiranmu dengan memberikan afirmasi yang positif.

Baca juga: Apa yang Terjadi Saat Aku Tidak Mencintai Diri Sendiri?

Nah, itu beberapa tips yang bisa #KawanManu lakukan untuk meningkatkan self-esteem dan tentunya kamu bisa membangun rasa percaya diri dengan lebih baik, nih! Mempunyai harga diri yang baik tentunya membutuhkan proses dan waktu yang tidak singkat, jadi kamu juga harus tekun serta bersabar untuk mencapai dan mulai berkembang dengan rasa percaya diri yang maksimal.

Penulis: Benita Indriati

Source:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here