REACH MINDFULNESS THROUGH ART THERAPY?

0
41
art, art supplies, artist-1478831.jpg

Pernahkah kamu mendengar istilah mindfulness ? Mungkin untuk kajian dalam Ilmu Psikologi, mindfulness cukup sering ditemukan terutama pada ranah ilmu Psikologi Positif. Jadi, Mindfulness adalah keadaan dimana seseorang dapat memfokuskan dan memperhatikan diri, pikiran, emosi dan dunia disekitarnya pada apapun yang sedang dilakukan saat itu. Contoh dari mindfulness ini adalah ketika kita sedang quality time dengan keluarga, sahabat, maupun kekasih, kita benar-benar menikmati obrolan dan interaksi yang ada, bukan malah sibuk dengan gadget. Praktik dari mindfulness juga bisa dilihat dari aktivitas yoga atau meditasi.

Baca juga : 5 Tips untuk Mengurai Pikiran Negatif

Dilansir dari verywellmind.com Di tahun 2009, Laury Rappaport mengenalkan satu konsep baru dalam praktik mindfulness dalam bukunya yang berjudul “Mindfulness and Arts Therapies”, konsep praktik baru tersebut dinamakan The Mindfulness-based art therapy (MBAT). MBAT ini merupakan suatu praktik untuk mencapai mindfulness dengan menggunakan struktur kerja dari terapi seni.

Jadi, dapat dikatakan bahwa MBAT ini akan membantu individu untuk bisa merasakan serta memfokuskan emosi dan juga pikiran mereka melalui aktivitas seni sederhana, seperti menggambar, melukis, membuat lagu hingga memahat atau membuat kreasi dari tanah liat. Sehingga mereka dapat menuangkan banyak hal di dalamnya.

PENGAPLIKASIAN DALAM KEHIDUPAN

Pada salah satu penelitian, praktik MBAT ini pernah diberikan pada pasien penderita kanker payudara dengan melalui proses seperti, menggambarkan dirinya sendiri lalu mewarnai gambar tersebut, melakukan yoga, dan lain sebagainya. Selain itu, praktik ini juga bisa
lakukan dengan aktivitas sederhana yang dekat dengan kehidupan kita, seperti membuat atau mendengarkan lagu, bermain musik, memahat hingga membuat karya dari tanah liat.

MANFAAT MINDFULNESS-BASED ART THERAPY

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Pamela Newland dan Ann Bettencourt, setelah peserta melakukan praktik MBAT, mereka melaporkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada kondisi psikologis dan fisik mereka. Maka, dapat dikatakan manfaat dari
melakukan Mindfulness-based art therapy ini antara lain :

  • Dapat mengurangi gejala kecemasan, depresi, dan kelelahan
    Praktik MBAT ini bisa menjadi wadah untuk meluapkan emosi negatif yang sedang dirasakan dan ketika emosi tersebut berhasil dilepaskan, akan memberikan perasaan lega pada diri kita.
  • Meningkatkan fungsi fisik
    Ketika kondisi mental kita mulai bisa kita atasi, maka hal tersebut juga memberikan pengaruh positif bagi kondisi fisik kita. Tubuh kita akan memproduksi hormon yang meningkatkan rasa bahagia dan bisa membuat tubuh kita terasa lebih segar dan sehat.
  • Meningkatkan kualitas hidup
    Ketika kondisi psikologis dan fisik terasa seimbang dan mencoba sepenuhnya kita jaga, maka hal tersebut akan memiliki dampak baik pada kehidupan, kita akan mulai bisa menjalani kehidupan kita dengan pikiran dan tubuh yang sehat!

Nah itu tadi manfaat dari Mindfulness-Based Art Therapy, jadi jangan lupa ya bahwa dengan menggunakan terapi seni kamu juga bisa kok menjadikan dirimu lebih sehat secara mental.

Tetap semangat!!!!


Penulis : Waode Zalfa

Referensi :

  • Book Positive Psychology Third Edition, Shane J. Lopez, Jennifer Teramoto, C.R Snyder
  • Newland, P., & Bettencourt, B. A. (2020). Effectiveness of Mindfulness-Based Art Therapy for Symptoms of Anxiety, Depression, and Fatigue: A Systematic Review and Meta-Analysis. Complementary Therapies in Clinical Practice, 101246.
  • Jalambadani, Z., & Borji, A. (2019). Effectiveness of mindfulness-based art therapy on healthy quality of life in women with breast cancer. Asia-Pacific Journal of Oncology Nursing, 6(2), 193.
  • https://www.verywellmind.com/mindfulness-based-art-therapy-4588189
  • https://www.mentalhealth.org.uk/blog/how-arts-can-help-improve-your-mental-health

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here